Sunday, January 31, 2016

DIY Action Figure Costume



Buat kalian yang sudah bosan dengan tampilan koleksi kalian yang itu-itu aja, mungkin bisa dicoba untuk menambahkan aksesoris buatana sendiri seperti kostum yang akan saya jelaskan di bawah ini. Untuk membuat kostum miniatur seperti ini tidaklah begitu sulit. Teknik yang digunakan pun sederhana. Meski bahan yang digunakan adalah kain, namun kita tidak perlu repot-repot menjahit untuk membuatnya. Untuk peralatan dan bahan yang digunakan pun menggunakan alat yang sehari-hari sering kita temui. Yang pasti buat kalian yang ingin mencoba berkreasi, silakan baca tips berikut ini sampai habis. :D

A. Tools
Sebelum mulai, pastikan untuk mempersiapkan peralatan berikut ini :
- Kain. Kalau bisa kain yang agak kaku, mungkin seperti kain buat seragam sekolah. 
- Gunting
- Pensil
- Cutter
- Penggaris (yang kecil kalau bisa)
- Kertas A4
- Lem putih (lem FOX)
- Tusuk gigi (untuk mengoleskan lem)
- Selotip hitam kecil (yang biasa dipakai tukang listrik buat kabel)
- Setrika
- Cutting mat
- Meteran 

B. Pembuatan Pola & Cutting

Pola parts yang harus dibuat :
- Body depan (cukup 1 pcs, bisa dipakai kanan kiri)
- Body belakang (gambar setengah bagian saja, nanti kertas dilipat lalu gunting sesuai garis)
- Celana bagian depan & belakang (masing-masing 1 pcs, bisa dipakai kanan kiri)
- Tudung (1 pcs untuk kanan kiri)

Kalau dalam membuat baju, biasanya kita mengukur lingkar dada, lebar pundak dll, kalau di sini saya membuatnya jadi lebih simple. Cukup taruh figure di atas kertas, lalu gunakan pensil dan tarik garis sesuai lekuk badan dan mau sepanjang apa kira-kira jubah dan celananya nanti. Setelah itu, coba digunting dulu lalu dipaskan pola ke body figure. Kalau ukurannya masih ada yang kurang atau lebih, sebaiknya gunakan penggaris atau meteran dan pola diperbaiki dulu sampai benar-benar pas. Untuk celana, sebaiknya bagian atas dibuat agak tinggi melebihi pinggang kurang lebih stengah cm-an dan bagian bawah dibuat agak panjang sampai kira-kira setengah tinggi sepatu boots. Lekukan celana di bagian selangkangan belakang juga dibuat lebih panjang daripada bagian depan.



Setelah jadi, gunting polanya, lalu taruh di atas kain, kemudian tarik garis sesuai pola. Untuk parts yang ada kanan dan kirinya buat masing-masing kanan 1 dan kiri 1 pcs. Setelah selesai lalu gunting kain mengikuti garis. 



C. Assembling

Langkah awal di bagian ini adalah membuat lipatan di pinggir body depan bagian dalam dan tudung. Meskipun bagian ini sebetulnya bisa diskip, tapi saya sarankan untuk mengikuti langkah ini agar hasil akhir lebih rapi & serat kain tidak tertarik. Pertama-tama panaskan setrika, namun sementara itu siapkan kertas tebal, parts body depan, dan hoodie. Kertas disimpan di atas kain dan jarak pinggir kertas kurang lebih 2mm dari pinggir kain. Lalu setelah itu mulai setrika dengan perlahan. Untuk bagian tudung, saya tidak menggunakan kertas, tapi langsung dilipat dengan tangan dan disetrika perlahan-lahan. Untuk tudung juga sebisa mungkin agar besar lipatannya kurang lebih 2mm-an. Ingat, buat lipatan dengan arah lipatan ke bagian dalam. Setelah selesai, beri lem di bagian dalam lipatan lalu rekatkan. Untuk pengeleman di semua bagian, rata-rata oleskan lem selebar kurang lebih 2mm saja. Lalu pastikan lem sudah benar-benar kering dan parts sudah terpasang dengan kuat sebelum mencoba kostum ke action figure. 



Setelah itu, mulai sambungkan bagian body belakang dengan body depan. Cara penyambungan beri lem di bagian pinggir pundak body belakang lalu tempelkan body depan di atasnya. Setelah itu, beri lem di bagian samping kanan dari bagian ketiak sampai ke bawah baju. Tempel secara perlahan dan hati-hati, dimulai dari bagian atas ke bawah. Lakukan hal yang sama untuk bagian yang berlawanan. 


Untuk bagian tudung, beri lem di sepanjang pinggirnya lalu tempelkan kedua bagian. Setelah kering tudung dibalik, caranya seperti membalik baju. 
 

Sampai sini body & tudung sudah siap, saatnya menyambungkan keduanya.


Beri lem di bagian pinggir bawah tudung, tempel tudung ke body dari bagian ujung kanan kiri dulu baru bergerak ke bagian tengah secara perlahan. Setelah ini ulangi proses paling awal untuk bagian pinggir baju bagian bawah. Kalau ada perbedaan panjang antara body depan dan body belakang, diratakan dulu dengan gunting baru bentuk lipatannya dengan setrika. Setelah semuanya tersambungkan dengan baik, baru coba pasang ke figure. Jika ada bagian yang lepas, segera rekatkan kembali dengan lem.



Selanjutnya untuk celana, (mulai dari kaki kiri) beri lem di pinggir celana bagian belakang (di bawah lekukan sampai ke bawah) lalu tempel celana bagian depan di atasnya. setelah itu, beri lem di bagian berlawanan celana belakang lalu tempel lagi celana depan di atasnya. Bentuk akhir menjadi silinder seperti gambar di bawah. Lakukan hal yang sama untuk kaki kanan. 



Setelah selesai, beri lem sepanjang bagian lengkungan dari awal sampai akhir lalu pertemukan kedua bagian kanan kiri dan rekatkan. 


Sampai sini celana sudah jadi, tinggal coba dipasangkan ke figure. 



Selanjutnya arahkan bagian atas celana yang berlebih agar berpusat ke sekeliling joint, lalu tahan dengan sabuk dan masukkan bagian atas figure. 


Untuk celana bagian bawah, pertama-tama siapkan dulu selotip hitam terlebih dahulu. bentangkan selotip hitam di atas cutting mat (secukupnya) lalu bagi dua sama lebar. Kemudian tarik ujung celana sampai sebatas pinggir atas boots lalu ikat dengan selotip (bentuk agar menggelembung). Ikatan harus cukup kuat sampai pinggir celana tidak melorot lagi turun lagi ke bawah. 



OK, baju dan celananya sudah jadi! 



Tutorialnya sampai sini aja, selanjutnya silakan dicoba dan dipraktekkan sendiri ya.

Untuk tutorial ini sebetulnya masih ada beberapa kekurangan yang menurut saya harus diperbaiki lagi. Misalnya bentuk tudung yang terlalu tinggi dan agak kurang pas ketika tudungnya ditempelkan ke body. Tapi dibanding percobaan yang pertama (kostum hitam), untuk hasil dengan langkah-langkah yang saya jabarkan di atas sebetulnya sudah jauh lebih memuaskan, terutama untuk bagian celana. Buat kalian yang mau coba, silakan berkreasi dengan cara sendiri. Kalau ada masukan, tolong kasih tau juga ya :D 

Sebagai penutup, berikut adalah beberapa foto figure yang berpose sambil mengenakan accesories yang tadi telah kita buat.  




No comments: